BUNDA ABRAR

Just ordinary Mother .:Straight your Plan, Complete your Effort , Raise your Tawakkal:.

Saturday, March 14, 2009

BRAUNSCHWEIG

Oh iya udah pernah janji untuk cerita tentang Braunschweig di postingan sebelumnya ya, so sekarang saatnya menepati janji. 4 Bulan pertama kita tinggal di Saarbrücken untuk belajar bahasa trus 2 bulan berikutnya kita pindah ke Braunschweig untuk mendapatkan materi IMK dan Fachmodul. IMK adalah Implement Management Kompetenz. Trus Fachmodul adalah materi kuliah dan praktek yang berhubungan dengan Industrial Biotechnology. Tempat kita belajar selama disini adalah di HZI (Hemholtz Zentrum für Infektionforschung. Pemberi materinya ada dari HZI, DSMZ (Deutsche Sammlung von Mikroorganismen und Zellkulturen) dan beberapa Universitas lainnya yang terkait.
Setelah menjalani Fachmodul aku semakin yakin kalo aku salah masuk program. Kok bisa???

Lha materinya sebagian besar tentang mikrobiologi, DNA, Gen, Bioinformatics, Microarrays dan semuanya berbau biologi dan kimia. Baru dua minggu nih, belum tahu hal-hal baru apalagi nanti yang akan menyambutku.. Waktu kuliah aku cuma dapet Biologi ama Kimia satu semester di tingkat satu. Setelah itu gak ada acara pake2 jas lab lagi. Ada juga pake work pack buat nge las ama bubut di Bengkel. Trus kutak-kutik motor bakar (bensin atau diesel). Koprak-koprak sensor, kutak-katik program, maenan ama Traktor. Pokoknya yang berbau Fisika ama Matematika.
Mungkin karena kerja kerja di PPLH (Pusat Penelitian Lingkungan Hidup)jadi tahu sedikiiiiiiiit tentang lingkungan.

Tapi dinikmati aja sih, walo bawaannya ngantuk tiap kuliah dimulai he..he..
Itung2 dapat ilmu baru dan teknologi disini memang benar2 bagus. Walaupun pusing tujuh keliling untuk ngikutinnya. Kalo lihat temen2 sih kayaknya pada ngerti. Anak2 Brazil lulusan biologi semua. Anak2 Indonesia bervariasi, tapi seenggaknya pada punya dasar Biologi dan Kimia. Dan rata-rata kerja di Laboratorium. Lha diriku???? (Semangat Nana!!)

Yang lucu sih waktu ujian tentang bioinformatics kemarin. Tenang2 aja karena awalnya dibilang multiple choice, so untung2an aja. Tapi ternyata ada isiannya juga......??? Walah mabok deh ngerjainnya so keluarlah jurus pamungkasku "Aji2 Pengawuran" he..he.. Maaf ya Pak Santos kalo nanti ngoreksi kerjaanku, malah pusing jadinya. "Ini anak ngerti kagak sih yang ditanyain??"
Piiss lah Pak..^_^

Oh iya ada masalah baru yang muncul nih. Karena 4 bulan belajar bahasa Jerman dan tiap hari dijejalin tugas2 berbahasa Jerman, aku nggak tahu Bahasa Inggrisku menguap kemana. Materi Fachmodul sebagian besar berbahsa Inggris. Yg menyampaikan materi pun sebagia besar pake Inggris.Lha campur aduklah kalo aku ngomong. Bahasa Jerman masih kacak kadut, Bahasa Inggris hilang entah kemana. Sering banget ngomong campur2. Waktu nanya ke Pengajar sampe bingung nyari kosakata yg tepat. Kadang2 ngomong Inggris, grammarnya Jerman. Atau ngomong Jerman tahu2 campur Ingris...arrrghh.
Gimana ini??? Ada yang bisa kasih saran?????

Okay cukup sudah, maaf ya jadi curhat nih..harap maklum. Dibalik setiap kesusahan, insyaAllah ada kemudahan. Yang penting harus sabar dan jangan menyerah untuk belajar.
Bismillah.

Belum sempet untuk keliling seluruh kota Braunschweig. Tapi sudah ada beberapa tempat yang dikunjungi seperti Landesmuseum dan Schloss. Yang menarik adalah Schloss Arkaden. Dari luar seperti layaknya Puri atau Benteng tapi didalamnya adalah Mall besar, sangat artistik. Jadi mereka tetap mempertahankan gedung2 tua mereka. Lambang Braunschweig adalah Singa karena dulu rajanya suka memelihara banyak Singa. Katanya sih gituuu. Oh iya Braunschweig juga ada kerjasama dengan Bandung lho, dianggap sebagai Sister City so ada lambang Bandung disalah satu gedung disini. Disini sering banget hujan, hampir setiap hari jadi nggak beda jauh ama Bogor ya. Cuma lebih dingin bangeeetttt disini. Yang pasti Braunschweig lebih besar dari Saarbrücken dan lebih dekat ke Belanda dan Belgia..emm Kapan ya maen kesana??
Walah Nana belajar dulu atuh yang rajin, jangan ngantuk mulu ya di kelas he..he..

Sekilas Braunschweig silahkan lewat..



0 Comments:

Post a Comment

<< Home